Rabu, 02 November 2011

Mensikapi Kegagalan Bisnis

Orang bijak mengatakan, kegagalan adalah sukses yang tertunda. Kegagalan adalah kesempatan dengan mana kita belajar lebih banyak untuk meraih kesuksesan. Kegagalan pulalah yang membuat kita merasakan kebahagiaan luar biasa ketika usaha kita untuk meraih keberhasilan tercapai.

Tanpa kegagalan, maka tidak ada yang namanya keberhasilan. Tolok ukur keberhasilan adalah dikarenakan adanya kegagalan. Kegagalan kadang menyakitkan hati, namun apabila kita memandangnya dari sudut kesempatan maka kegagalan sesungguhnya ketidakmampuan kita dalam memanfaatkan satu atau lebih peluang yang tersedia. Artinya, masih tersedia banyak peluang lagi apabila kita masih menginginkannya.

Ibarat kita belajar naik sepeda, maka sudah lumrah apabila awalnya kita sering jatuh. Namun apabila jatuhnya kita dalam belajar naik sepeda kemudian membuat kita kapok dan tidak mau belajar lagi, maka kita tidak bisa naik sepeda untuk selamanya. Untungnya kita tidak merasa kapok untuk terus belajar naik sepeda, yang pada akhirnya kita bisa menikmati untuk mengendarai sepeda sendiri.

Dalam hal memandang dan mensikapi kegagalan yang kita alami, setidaknya dua pandangan positif ini dapat membantu kita menemukan jatidiri yang sesungguhnya, yaitu :

§  Pandangan pertama, kegagalan adalah kesempatan untuk belajar lebih baik. Kebanyakan orang memandang kegagalan tidak memiliki nilai sama sekali. Sehingga mereka akan berfikir berhenti lebih cepat dalam meraih tujuan-tujuan yang telah dirancangnya.  Banyak hal baru yang bisa kita pelajari dengan adanya kegagalan untuk merencanakan pencapaian yang lebih baik.

§  Pandangan kedua, kegagalan tidak ada kaitannya dengan jumlah. Artinya adalah berapapun jumlah kegagalan yang kita alami, bukan pertanda bahwa seseorang telah kehilangan cita-citanya. Untuk mencapai tangga kesuksesan bukanlah tentang jumlah kegagalan yang kita alami, namun harus selalu dikondisikan agar jumlah bangkit minimal satu kali lebih banyak dibandingkan jumlah gagalnya. Hal ini disebabkan, setiap kebangkitan atas kegagalan adalah kesempatan untuk untuk menemukan cara-cara baru dan kesempatan lebih ahli dalam mengantisipasi setiap faktor kegagalan yang akan menghadang. (Ais Z). 

1 komentar:

  1. Saya setuju banget tuh. Kita seringkali mudah kapok dalam berusaha hanya karena beberapa kali gagal....kalau besok bisa berhenti, kenapa harus sekarang? Hayo...

    BalasHapus

Silakan posting komentar Anda, insya Allah berguna...