Kamis, 07 Agustus 2014

10 Hal yang dilakukan Bersama Anak di bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan bagi sebagian lembaga pendidikan setingkat taman kanak-kanak bisa dijadikan momentum mengenalkan anak-anak kepada berbagai kegiatan ibadah. Misalnya seperti lewat metode bermain seperti yang dilakukan oleh salah satu taman kanak-kanak di Jakarta berikut ini.
Berpuasa atau mengerjakan ibadah dibulan Ramadhan bagi anak-anak sulit dilakuan jika tidak ada contoh yang dapat ditiru. Karena itu di kelompok bermain dan taman kanak-kanak Masjid Istiqlal Jakarta, sejak dini anak diajarkan mengikuti kegiatan di bulan Ramadhan. Mulai dari menyiapkan makan sahur, sholat berjamaah, hingga berpuka puasa.
Kegiatan ini dirancang agar setiap anak terlibat langsung dan mampu mengembangkan kreativitasnya. Anak-anak yang berusia 2 hingga 5 tahun tersebut dibagi menjadi 4 kelompok. Yakni kelompok bermain kecil, bermain besar, kelompok A dan B. Dalam kelompoknya setiap anak bebas menentukan tugas atau pekerjaan yang hendak dilakukan. Saat mengambil keputusan, anak-anak juga diarahkan untuk berunding dan musyawarah.
Selain diajarkan menghafalkan bacaan sholat, zikir, ikrar dan doa, dalam program amaliah ramadhan ini, anak juga diajarkan untuk membangun ahklak mulia. Misalnya menahan amarah, berbagi mainan dengan sesama teman dan menghormati guru. Selain itu sejak dini anak diajarkan untuk mengenal Allah dan cipataan serta mencintai mesjid.(Astrid Farma Putri/Amurullah/Her)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan posting komentar Anda, insya Allah berguna...