Selasa, 06 Desember 2011

Terbiasa Menghadapi Masalah


Membentuk mental wirausaha berarti kita harus terbiasa untuk menghadapi masalah dan mencari solusinya terus menerus dari masa ke masa. Seorang wirausaha selalu menyadari bahwa ketika suatu permasalahan sudah terselesaikan dengan baik, maka sudah merupakan hal yang biasa apabila muncul permasalahan baru, dan seorang wirausaha amat tertantang untuk segera menyelesaikannya.

Hidup tidak lain adalah perpindahan dari satu masalah ke masalah yang lain. Hidup merupakan berpindah-pindahnya satu kesulitan ke kesulitan yang lain. Bahkan setiap kesulitan yang menimpa pada saat yang akan datang pastilah akan lebih sulit dan kompleks cara penanganannya dibandingkan kesulitan pada masa yang lalu dan kini. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Al-Insyiqoq ayat 19 yang artinya :

“Sesungguhnya kamu melalui tingkat demi tingkat (dalam kehidupan)”

Seseorang menjadi wirausahawan bukanlah soal keturunan, melainkan masalah pilihan dan kemauan. Kunci sukses wirausaha bukan terletak pada orang lain, orang-orang di sekitar kita, tetapi oleh kita sendiri. Mentalitas wirausaha dapat dibentuk dengan merubah mindset, merubah pola atau cara berfikir. Tinggal pertanyaannya adalah, apakah kita akan terus menjadi orang yang biasa-biasa saja atau menjadi orang yang luas biasa, yaitu menjadi wirausahawan sukses.

Syaratnya adalah kita harus merubah mindset dari orang gagal menjadi orang yang berhasil. Dari orang yang berfikir negatif menjadi orang yang selalu berfikir positif. Dari orang yang selalu berperasaan susah menjadi orang yang selalu bahagia dalam hidup. Caranya adalah berusaha memberikan nilai tambah dalam hal apapun, bertanggung jawab atas apa yang dilakukan, bisa diandalkan dalam hal apapun dan berkomitmen untuk melakukan perubahan atas diri kita. 

3 komentar:

  1. Ya, kita memang suka kaget dan stres ketika masalah itu datang. Kebanyakan dari kita tidak mau masalah datang. Padahal hiduo itu sendiri juga masalah.

    BalasHapus
  2. Seringkali manusia tidak menyadari bahwa hidupnya adalah perjuangan itu sendiri. jadi kita harus terbiasa dengan masalah. Setiap masalah satu terselesaikan, maka pasti akan ada masalah yang lain yang tentunya lebih rumit. Bahkan masalah satu belum selesai sudah timbul masalah baru. Yang penting adalah keistiqomahan kita dalam berpegang teguh dengan dien Allah. Hanya Allah lah kita bisa menyelesaikan semuanya. Amiiin.

    BalasHapus
  3. Oke saya setuju itu. Perlu kedewasaan dalam menapaki hidup ini.

    BalasHapus

Silakan posting komentar Anda, insya Allah berguna...