Minggu, 14 Agustus 2011

Wirausaha, Sejak Dini (1)



Menumbuhkan jiwa wirausaha tidak dapat dilakukan hanya dalam waktu yang relatif singkat, terburu-buru apalagi tanpa perencanaan yang baik dan matang. Karena disamping menumbuhkan jiwa wirausaha bagi orang yang sudah dewasa, ternyata akan lebih efektif apabila jiwa wirausaha sudah ditanamkan sejak usia dini. Lihatlah misalnya di China, mereka sudah mendidikan anak-anaknya sejak usia kanak-kanak untuk menjadi wirausaha. Lihat juga di Jepang, Arab Saudi, India dan lain-lain.

Jusuf Kalla (VIVAnews, 26/2/2011) mengatakan, mental menjadi pengusaha sudah dimilikinya sejak ia masih duduk di bangku sekolah. Dalam kesempatan sama, ia juga mengatakan menjadi pengusaha haruslah memiliki mental yang baik, cerdas dan kreatif, rajin bangun pagi, memiliki semangat, pandai menguasai masalah, memiliki jiwa pantang mundur dan percaya diri.

Seorang pengusaha Real-Estate papan atas, Ciputra (Kompasiana, 12/1/2009) mengatakan bahwa mental wirausaha harus dilatih sejak masih kecil. Hal ini senada dengan permintaan yang disampaikan oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar (Kominfo-Newsroom, 27/2/2011) yang meminta lembaga pendidikan, termasuk pesantren, untuk memperkenalkan dan mengajarkan wirausaha sejak dini. (Diambil dari buku : "MANAJEMEN WIRAUSAHA" yang ditulis oleh : Ais Zakiyudin, yang insya Allah akan terbit pada bulan Oktober 2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan posting komentar Anda, insya Allah berguna...